Gubernur Resmikan Alun-alun Kejaksan dan Gedung Creative Centre Ahmad Juhara

Gubernur Resmikan Alun-alun Kejaksan dan Gedung Creative Centre Ahmad Juhara

CIREBON - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) telah meresmikan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon. Kang Emil –sapaan RK- meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon untuk menjaga dan memelihara alun-alun dengan baik. “Saya hanya titip, silakan dimanfaatkan dan jaga kebersihan lingkungan alun-alun. Karena Alun-alun Kejaksan ini sangat istimewa,” kata Emil, usai meresmikan Alun-alun Kejaksan, Rabu (21/4).

Menurutnya, Kota Cirebon di masa yang akan datang akan dipenuhi dengan tempat pariwisata yang menjadi ikon baru. “Untuk itu, perlu dijaga kebersihan lingkungannya, pembangunannya, karena yang dinilai masyarakat, kesuksesan kepala daerah itu, yang terlihat masyarakat adalah penataan infrastrukturnya,” sebutnya.

Kang Emil menjelaskan, Alun-alun Kejaksan memiliki banyak spot yang akan memanjakan masyarakat Kota Cirebon ataupun dari luar ketika berkunjung. Ada shelter UMKM dan kuliner. Ada fasilitas parkir bawah tanah yang luas. Ada tempat bermainnya, dan juga dekat dengan masjid.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan dan ketertiban Alun-alun Kejaksan, mengingat Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Kang Emil meminta Satpol PP setempat untuk lebih memperketat penjagaan dan imbauan kepada pengunjung. 

\"Teman-teman Satpol PP harus tegas. Seperti pemeriksaan prokesnya, memakai masker, menjaga jarak, dan sebagainya. Saya kira itu harus dilakukan,\" ujar mantan Walikota Bandung itu. 

Kang Emil menyebut, hadirnya wajah baru Alun-alun Kejaksan, bakal menjadikan pariwisata Kota Cirebon semakin baik lagi. Alun-alun pusat Kota Cirebon itu diharapkan jadi ikon dan magnet bagi para pelancong dari luar kota. Berbeda dengan sebelumnya yang hanya berupa lapangan berumput dan tempat upacara, atau tempat joging saja. Saat ini, alun-alun lebih representatif sebagai ruang publik dan layak dikunjungi.

Alun-alun Kejaksan menjadi salah satu dari empat alun-alun se-Jabar yang rampung direvitalisasi dan telah diresmikan oleh gubernur. Sebelumnya, ada di Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka. Pekerjaan atas Alun-alun Kejaksan ini lebih spesial. Memasukkan konsep nilai-nilai sejarah Cirebon yang kental, serta arsitektur yang lebih lengkap. Adanya fasilitas parkir basement yang juga bisa dimanfaatkan untuk parkir pengunjung Masjid At-Taqwa. Sehingga, bisa jadi solusi dari problem kemacetan di kawasan sekitar alun-alun.

Walikota Cirebon Nashrudin Azis menambahkan, wajah baru alun-alun telah banyak dirasakan masyarakat. Banyak yang merasa senang dan terhibur saat berkunjung ke ikon di pusat kota ini. Sehingga, pemkot mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pemprov Jabar atas suport pendanaan revitalisasi alun-alun.

Selain meresmikan Alun-alun Kejaksan, kang Emil juga meresmikan Gedung Creative Centre yang berlokasi di eks Gedung Bakorwil. Menurut dia, hadirnya Gedung Creative Centre jadi ikon, dengan desain yang unik berkat rancangan seorang arsitek senior Ahmad Juhara yang meninggal dunia belum lama ini.

Sehingga, dia memutuskan memberi nama Creative Centre Ahmad Juhara. Diharapkan, fasilitas ini bisa menjadi ruang bagi para pegiat seni dan budaya, serta pelaku ekonomi kreatif dalam berkarya memajukan sektor yang tengah jadi unggulan ini. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: